Lifestyle

Pengalaman Tarawih di Masjid Istiqlal Setelah Renovasi

on
13 May 2022

Ramadan tahun ini mungkin jadi yang spesial buat hampir semua umat Muslim, karena tahun ini pemerintah kita udah memperbolehkan untuk melaksanakan sholat tarawih di Masjid yang dua tahun terakhir disarankan untuk melakukannya di rumah aja selama wabah pandemi melanda dunia. Buat gua pribadi, jujur tahun ini juga spesial banget, alhamdulilah banyak berita baik didapet di bulan puasa tahun ini, salah satunya bisa punya kerjaan yang lebih baik jam kerjanya, jadi sholat tawarih bisa lebih tenang dan leluasa. Alhamdulillah…

Gak melewatkan kesempatan ini, gua juga alhamdulillah-nya bisa melaksanakan sholat tawarih di Masjid. Salah satu Masjid yang beberapa kali gua sambangi adalah Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat. Jujur, ini kali pertama gua sholat tarawih di Masjid Istiqlal, dan I was so amazed with the environment! Apalagi setelah Masjid Istiqlal di renovasi, nah itu jadi salah satu alasan kenapa gua penasaran banget sama suasana dan perubahannya.

Mungkin terdengar simple, dan mungkin orang yang baca ini bakal bilang “Lu dari mana aja baru tarawih di Istiqlal?!” Kalau boleh jujur, gua tu memang udah punya niat dari beberapa tahun lalu bahkan sebelum pandemi, tapi emang Allah tu ngasih waktu yang tepat dan yang spesial banget kali ya, karena pas banget orang-orang pada rindu buat tarawih di Masjid dan gua akhirnya bisa ke sana dengan waktu kerjaan yang bisa disesuaikan.

Tepat 20 hari terkahir bulan Ramadan tahun ini, gua putuskan untuk berangkat ke Masjid Istiqlal untuk tarawih. Pertama kali masuk parkirannya udah amazed aja sih karena parkirannya cukup luas sekarang dan gak perlu lagi deh parkir di luar Kawasan, terus lanjut naik tangga untuk masuk ke kawasannya eh rupanya masuk ke bagain food court. Serunya, beragam banget food court yang dijajahin di sana. Mulai dari dimsum sampai minuman kekinian boba dijual di sana.

Masuk Kawasan dan Halaman Dalam Masjid Istiqlal

Setelah titipin sendal di penitipan sendal, biar gak perlu nenteng atau khawatir sendal ilang hehe, kita bisa langsung masuk ke area Masjid. Bagian tempat wudhu dan kamar mandinya banyak dan luas. Halaman dalam Masjid Istiqlal selalu jadi daya tarik pengunjung Masjid, selain bisa digunakan untuk duduk bersantai, sholat bahkan gak jarang orang-orang berfoto di sana.

Menara Masjid Istiqlal

Yang bikin keren lagi, ini kali pertama Masjid Istiqlal melakukan renovasi setelah selama 51 tahun berdiri. Bahkan Kementerian PUPR sempat membuat video di kanal TikTok-nya dengan judul New Masjid Istiqlal dan menyebut setelah 51 tahun dibangun, Masjid Istiqlal direnovasi, warna kubah bagian luar bisa menyesuaikan dengan fase bulan. Bahkan lighting interiornya menggunakan sensor. Keren bangetttt…

Tonton video TikTok Masjid Istiqlal: “New Masjid Istiqlal” TikTok KemenPUPR

Pas masuk ke dalem ya Allah keren banget! Tapi beneran deh karena udah lama banget gak ke sini jadi ngeliat Masjid yang gede dan megah banget kayak gini tu buat gua kagum sekagum-kagumnya! No debat! HAHA

 Pelaksanaan Sholat Tarawih Ramadan Ini di Istiqlal

Hampir setiap hari di bulan Ramadan, Masjid Istiqlal selalu dipenuhi masyarakat yang antusias untuk lakukan tarawih berjama’ah. Sebelum melaksanakan tarawih, ada tausiah terlebih dahulu jadi tepat pukul 8 Masjid Istiqlal baru memulai sholat tawarih-nya. Selain itu, rupanya di area luar Masjid, diadakannya bazzar makanan, minuman dan pakaian dari berbagai kios yang tersusun rapi juga adanya mini concert di pojokan dari kios-kios itu.

Selain tentunya acara buka puasa bersama yang dilaksanakan, ada juga pelaksaan itiqaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan ini. Jadi untuk ikut itiqaf di Masjid Istiqlal kita bisa daftar semacam program gitu, pendaftaran itu dilakukan untuk mendapatkan “paket itiqaf” di mana kita bisa dapat banyak benefit dan fasilitas selama 10 hari itiqaf, seperti makan dan tempat tidur. Jadi yang ikut “program” tersebut seperti harus “berdiam diri” selama 10 hari di sana dengan banyak macam kegiatan, seperti salah satunya adalah Qiyamul Lail atau ibadah-ibadah di malam hari.

Menjadi sebuah Masjid terbesar di Asia Tenggara, kita, Masyarakat Indonesia, harus bangga dengan adanya Masjid Istiqlal. Pengalaman pertama sholat tarawih di Masjid yang mempuyai jembatan bawah tanah yang tersambung antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral ini menjadi kebanggaan tersendiri buat gua. Alhamdulillah… Semoga tahun depan masih bisa dikasih umur panjang dan kesehatan jadi bisa puasa dan tawarih lagi di Masjid Istiqlal.

TAGS
RELATED POSTS
4 Comments
  1. Reply

    Rivai Hidayat

    15 May 2022

    Salat di masjid yang menjadi ikon itu memberikan kesan tersendiri. Apalagi itu merupakan pengalaman pertama. Pasti sangat berkesan.

    Masjid istiqlal jga telah selesai direnovasi. Sudah siap untuk menjamu para tamu. Baik untuk ibadah atau sekadar jalan-jalan.

    Eehm..salat tarawih+witir di masjid istiqlal berapa rakaat mas…?
    Pengalaman yang menarik mas firdaus. Semoga tahun depan bisa salat tarawih di sana lagi. 🙂

    • Reply

      Firdaus Soeroto

      17 May 2022

      Bener Mas! Alhamdulillah bisa punya pengalamannya. Aamiin… Semoga Mas Rivai juga bisa ke rasain tawarih di Masjid Istiqlal tahun depan ya.
      Di sana 23 Rakaat, Mas.

  2. Reply

    Moses Adrian

    16 May 2022

    Jadi inget pernah juga buka puasa bersama di Istiqlal beberapa tahun silam sebelum pandemi. Dalemnya megah dan bagus banget, mungkin lebih bagus sekarang karena sudah di renovasi. Ajak-ajak dong kalo mau ke Istiqlal lagi.

    • Reply

      Firdaus Soeroto

      17 May 2022

      Seru ya bukber di sana HAHAHA, semoga tahun depan bisa ke sana lagi ya trus ngajak lu Ses.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.